Baru-baru ini saya sempat dibikin pusing oleh kelakuan virus yang menempel di external HDD, pada saat alat tersebut di koneksi dengan komputer segera terdeteksi oleh Avira Guard yang mengindikasi adanya aktivitas penyusup dan memberitahukan bahwa autorun.inf yang berada di eksternal HDD sudah diblok untuk keamanan komputer.

Memang virusnya tidak menjangkiti system kompi namun tampilan avira guard tadi jadi mengganggu karena selalu tampil “always on top” di display monitor, bila di klik OK maka pop up menghilang tapi sejenak kemudian akan tampil kembali dikarenakan autorun.inf aktif lagi.

Setelah discan dengan Avira tertangkaplah si virus bernama Worm.Kido.IX atau kalau discan oleh AV lain bisa bernama Confikers, atau Downadup, avira menyatakan telah diremove, tetapi setelah saya koneksi kembali maka kejadian Autorun.inf terdeteksi oleh Avira Guard terulang kembali.

Usahapun ditingkatkan dengan bantuan Oom Gugl, wal hasil banyak cara yang telah diposting, namun dari sekian banyak cara setelah dicoba tidak membuahkan hasil, mulai dari pakai kidokiller sampai cara manual si autorun.inf tidak bergeming.

Setelah pusing satu keliling . . . bertemulah saya dengan Abah Wiranta cucunya karuhun pakidulan yang menawarkan jasa kompinya yang kebetulan pakai AVG, saya sendiri tidak pakai AVG karena suka main embat, tapi oke lah saya terima tawarannya untuk menscan eksternal HDD ku di netbooknya. . ., hasilnya ternyata Eng ing eng . . . si autorun dapat diusir dari HDD dan sisa-sisa virus berupa folder Recycler dapat saya hilangkan juga dengan cara dibantu oleh unlocker sehingga folder bisa didelete, untuk download unlocker bisa minta dicariin ama Oom Gugl.

Nah itulah cara saya menghilangkan autorun.inf di HDD, cara tersebut saya kira bisa di pergunakan terhadap flashdisk.

Thx, Sokwae