Kapasitas harddisk netbook saya sangat terbatas cuma 4 Giga bro, oleh karena itu saya alokasikan HDD internal untuk Operasi System kompi saja suapaya ada space untuk tidak menyebabkan kompi bekerja lemot.

Untuk instalasi software tambahan saya pergunakan fasilitas yang ada yaitu slot card reader yang tersedia di netbook, maka dipilihlah SD Card dengan kapasitas 8 Giga. untuk dapat dipergunakan sebagai penyimpan file system maka SD Card harus terformat dengan pola NTFS bukan Fat 32 sebagaimana lazimnya card atau flasdisk penyimpan data.

Bila kita format SD card yang akan dipergunakan maka dalam pilihan format hanya akan muncul jenis Fat 32 saja, untuk itu kita harus lakukan sedikit tambahan upaya supaya dapat memformat dalam pola NTFS, adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Masukan SD Card / flashdisk  ke dalam slot yang tersedia.

2. Masuk ke control panel, system, hardware, device manager

3. Pada list hardware yang tampil pilih disk drive yang dipergunakan untuk SD Card, kemudian klik kanan dan pilih properties, maka selanjutnya akan muncul panel properties baru kemudian pilihlah tab Policies dan pilih/centang/tandai Optimeze for performance. selanjutnya di OK saja semua.

4. Bila tahapan tadi sudah dilakukan maka sekarang buka explorer, pada bagian drive yang tampil yaitu SD Card klik kanan, maka akan ada pilihan tindakan selanjutnya, pilih format, nah sekarang dalam panel format akan ada pilihan selain Fat 32 yaitu NTFS, lakukanlah format dengan NTFS hingga selesai.

Sekarang SD Card anda dapat digunakan untuk penyimpanan file system sehingga dapat digunakan untuk instalasi software dengan syarat SD Card jangan dicabut lagi dari slotnya / ngendon permanen kalau tidak software tidak bekerja karena ada missing link.

Wass, Sokwae