Akhir-akhir ini komputer jaringan direpotkan dengan virus yang nemplek dengan nama conficker, konon virus tersebut dikabarkan dapat menginfeksi jaringan komputer yang digunakan oleh militer inggris, jerman, dan Perancis. Bahkan di Perancis virus tersebut sempat membatalkan jadwal penerbangan, di Amerika tak kalah repot jaringan komputer di kota Houston juga dikabarkan sempat lumpuh. Microsoft dan Symantec konon juga dikabarkan membuat Tim Khusus untuk membasmi virus tersebut yang dapat berkembang dengan varian cukup banyak dan sulit dideteksi.

Virus tersebut dapat dideteksi oleh antivirus seperti NORMAN, NOD 32, Avira dll, tetapi setelah kompi di clean pada saat booting ulang dan kompi terkoneksi ke jaringan maka virus conficker akan muncul kembali, repotkan !, berikut ternyata PCMAV tercinta telah merilis versi khusus untuk mengatasi Conficker (semacam removal tool).

PC Media meluncurkan sebuah software bernama PCMAV Express for Conficker yang diklaim sanggup untuk membersihkan Conficker sampai tuntas. Virus Conficker atau sering juga disebut Kido atau Downadup merupakan salah satu virus yang cukup berbahaya, bahkan Microsoft sampai membuat sayembara dengan hadiah 3 milyar rupiah bagi yang bisa menangkap pembuatnya.

Virus yang mampu menginfeksi komputer jaringan ini antara lain mengakibatkan komputer menjadi lambat, mengganggu aktivitas sharing folder dan printer, serta virus ini mampu membuat sebuah file worm dengan extension .jpg, .gif, .png dan .bmp sehingga pengguna mengira itu adalah file gambar, padahal aslinya adalah virus.

pcmavexpress
Download PCMAV Express for Conficker (328 KB)

Cara Penggunaan:

  1. Pastikan user Anda memiliki hak setara Administrator.
  2. Non-aktifkan antivirus yang terinstall agar tidak mengganggu PCMAV Express.
  3. Pastikan sebelumnya bahwa komputer Anda tidak terkoneksi ke jaringan atau internet selama proses scan.
  4. Setelah selesai, sangat disarankan untuk melakukan restart dan scan ulang (jika perlu).
  5. Setelah virus berhasil dituntaskan, segera update/patch Windows Anda. PCMAV Express ini pun dapat mendeteksi apabila komputer Anda belum di patch.
  6. Pastikan seluruh PC yang telah terhubung di dalam jaringan juga telah bebas Conficker.
  7. Pastikan password hak Administrator di PC Anda tidak mudah ditebak, karena Conficker memiliki kemampuan menyusup dengan melakukan “tebakan” terhadap password Administrator dengan kosa-kata umum yang ada dalam kamusnya.
  8. Jika langkah 3-7 di atas tidak Anda ikuti dengan baik, maka besar kemungkinan Conficker dapat menyerang kembali, sebagus apapun antivirus yang Anda gunakan.

Kenapa engine ini tidak disertakan dalam PCMAV 2.0? Hal ini dikarenakan begitu kompleksnya penanganan virus Conficker terutama teknologi rootkit-nya. Selain itu  engine PCMAV 2.0 yang telah ada tidak dirancang dan disiapkan untuk menangani virus jenis baru semacam ini.

Untuk itulah PCMAV Express for Conficker ini diluncurkan sambil menunggu PCMAV 2.0 rilis terbaru yang mampu membasmi tuntas virus tersebut. Keterangan lengkapnya bisa dilihat di virusindonesia.com