Beberapa waktu yang lalu saya browsing berita di liputan 6 SCTV dan menemukan sebuah berita yang menarik sehingga terbersit dalam benak saya untuk menyimpan video berita tersebut dalam arsip data di komputer, untuk itu saya mampir tanya di mas Google untuk menanyakan bagaimana cara mengunduh video tersebut dari internet, saya temukan beberapa cara tapi tidak ada yang praktis, bahkan ada cara yang stepnya rumit seperti ala hacker memecahkan kode-kode yang ada di alamat URL web page dimana sourcenya berada. ada juga yang menggunakan bantuan situs seperti cara download youtube, yang terakhir sempat saya coba tetapi hasilnya tidak memuaskan, waktu terus berlalu sementara video berita tak kunjung dapat diunduh, maklum pengetahuan komputer saya pas-pasan cuma karena terdesak waktu akhirnya logika muncul juga dalam otak di kepala (seperti Si Temon dapat ide gitu), logikanya seperti berikut : manakala kita membuka satu halaman di internet maka isi dari web page tersebut sebenarnya akan di ambil oleh komputer yang kita gunakan lalu di simpan di suatu folder dengan nama “Internet temporary files” kemudian setelah lengkap diambil seluruhnya baru kita dapat melihat content web page secara utuh.

Nah dengan dasar logika tersebut saya lakukan tahapan berikut untuk mendownload video berita dari liputan 6 :

1. Jalankan program untuk membersihkan file sementara (temporary) dari komputer, bisa pake “Disc clean up” bawaan windows atau pake program khusus seperti CCleaner (ini yang saya pake) tujuannya agar memudahkan pemilihan isi folder Temporary internet file nantinya.

2. Buka situs liputan 6 yang memuat berita dimaksud.

3. Pilih tombol “Play” untuk melihat berita secara online. (ada waktu tunggu dimana komputer melakukan streaming video sebelum dapat dimainkan secara lancar.

4. Setelah dapat melihat berita secara lancar (dapat dilakukan dengan menekan tombol play yang terdapat di tampilan situs sekali lagi), selanjutnya tinggal mencari file video dimaksud di folder “Internet temporary files”

5. Dilayar Internet Explorer Klik Tools, klik Internet Option, kemudian pada Tab “General” di bagian browsing history klik tombol “Setting” maka selanjutnya akan tampil pop up untuk Internet Temporary Files & Browsing history, nah disinilah akan ada tombol yang namanya “View Files”, klik tombol tersebut maka selanjutnya akan tampil dilayar monitor windows baru untuk folder Temporary internet files beserta seluruh isinya.

6. Untuk memudahkan pencarian sort file berdasarkan type / jenis file

7. Cari file dengan jenis Flash Movie, kemudian jalankan file tersebut tentu dengan syarat di komputer anda sudah terpasang flash player. dan hasilnya Taraaaaaaaaaa. You get what you want !

8. Copy file tersebut dari folder temporary internet files ke tempat anda menyimpan data, selesai.

File tersebut dapat di konversi kedalam format video yang lain, tergantung anda sebagai pemakai.

Thanks to Temon, Just think simplely ! (AHM)