Sumber : Disitu.com

Eee PC di pre-load dengan varian Linux yang di customized oleh Asus, dengan aplikasi aplikasi bawaan yg cukup lengkap di bagi dalam kategori internet, play, work. Walaupun di pre-load dengan Linux, DVD yang di sertakan dalam paket penjualan berisi semua driver yang di butuhkan untuk menginstalasi Windows XP pada laptop mini ini.
Disitu.com dari Eee PC, scrolllll awayyyy…

Scroll adalah big issue dengan layar Eee PC yang resolusi nya hanya 800×480, sebagian website kemungkinan sangat besar akan butuh scrolling ke samping. Di ajang CES 2008, Asus memperkenalkan Eee PC generasi ke dua yang akan menggunakan LCD 8” atau 8.9” bukan 7” tapi sayangnya resolusi nya tetap sama, masih lama, baru akan muncul akhir tahun 2008.

Setelah sempat memakai Eee PC selama 15 menit, belum cukup lama Smile Mengetik awal mulanya bisa ada beberapa karakter salah pencet, tapi bisa di biasain. Layar kecil tapi lumayan untuk membaca dan browsing ringan tidak terlalu sulit untuk di baca juga.

Aplikasi bawaaan

Mengingatkan pada Windows Explorer?

Speed lumayan oke so far dengan OS bawaan, belum di coba dengan Windows XP. Aplikasi bawaan sudah cukup lengkap. Sayangnya aplikasi bawaan hanya bisa di tambah dari website Asus, tidak bisa di install aplikasi non standar non asus. Kebanyakan user kemungkinana akan langsung menggatinya dengan Windows XP anyway. Keunggulan dari SSD storage nya terlihat dari betapa cepat waktu booting laptop ini, 10 detik.

Kesimpulannya? Apa yang bisa mensummary Asus Eee PC dalam satu kata? “VAIO murah” Smile Sub notebook, ukuran kecil, ringan, online via WiFi. Okelah, layarnya mestinya bisa lebih tinggi resolusinya, tidak ada dvd-rom, kapasitas storage agak agak tipis. Tapi tidak ada yang menjadi kekurangan terlalu besar yang tidak bisa diatasi.

Asus Eee PC bukan tablet PC Fujitsu, bukan VAIO TZ yang berlipat lipat harganya, bukan pula PDA yang kecil layarnya, bukan pula untuk menggantikan full size laptop, ini mobile device, sub notebook untuk fun dengan harga yang tidak bikin kantong bolong.

Sebuah USB optical drive, SDHC card, bisa jadi pasangan serasi Asus Eee PC untuk di bawa-bawa sebagai pengganti PDA, buat eksekutif / mahasiswa yang mobilitasnya tinggi.